Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Sample text

cerpen persahabatan

by RZQ08

Rabu, 31 Agustus 2016

Lamongan Kotaku


img_20150524_083531
Lamongan adalah sebuah daerah di Provinsi Jawa Timur. Daerah ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Gresik di timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di selatan, serta Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban di barat. Pusat pemerintahan Lamongan terletak 50 km sebelah barat Kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur. Lamongan merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam kawasan metropolitan Surabaya
Budaya
download
di kota Lamongan juga terkenal seperti Tari Boran dan Tari Boran (Sego Boran) adalah penggambaran suasana kehidupan para penjual Nasi Boran di Kabupaten Lamongan dalam menjajakan dagangannya dan berinteraksi dengan pembeli. Kesabaran, gairah, dan semangat serta ketangguhan adalah smangat mereka dalam menghadapi ketatnya persaingan dan beratnya tantangan hidup untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Iwak kutuk, sambel, sili, plethuk, peyek, gimbal, empuk adalah ciri khasku, Nasi Boran khas Lamongan. Terdapat Tari Caping Ngancak di daerah Lamongan yang juga terus berkembang karena letak dari wilayah Lamongan juga sangat agraris. Tari Caping Ngancak menceritakan tentang kehidupan masyarakat Lamongan yang sebagian besar adalah masyarakat petani. Tari ini menggambarkan proses para petani yang sedang bekerja mulai dari menanam, merawat, hingga memanen.

Tari Silir-Silir juga merupakan tarian yang berkembang di kota Lamongan. Seperti namanya tari silir-silir merupakan rangkaian perwujudan angin yang bertiup lembut. Angin tersebut berasal dari lambaian lembut kipas para penarinya. Oleh sebab itu tari silir-silir diperagakan oleh penari dengan membawa kipas. Mengenai ide penciptaan tarian silir-silir itu, muncul dari kondisi alam Lamongan yang panas sering membuat kegerahan. Karena itu, baik yang dirumah, di sekolah, atau di pasar sekalipun orang sering kipas-kipas karena kepanasan. Sedangkan selama proses penciptaan rangkaian seni tari ini semakin bagus. Tari Silir-Silir diangkat dari sebuah kondisi alam Kota Lamongan yang panas. Para remaja berkumpul, bercanda ria sambil menikmati tiupan angin yang berasal dari kipas yang dibawanya.
Makanan khas lamongan 
Resep Soto Ayam Lamongan

Soto lamongan ini merupakan makanan yang istilahnya bisa dikatakan sudah mendunia.Makanan ini diedarkan dan diperjualbelikan tidak hanya di daerah lamongan saja, melainkan sudah menyebar luas di mana-mana. Soto lamongan ini memiliki rasa yang khas dan berbeda dengan soto-soto lainnya yang ada di nusantara. Yang membedakan soto lamongan ini dengan soto yang lain adalah soto ini berwarna kuning dan berminyak serta banyak menggunakan rempah-rempah.
 Tahu yang satu ini bukanlah tahu biasa seperti yang lainnya. Tahu lamongan ini disajikan bersamaan dengan sayuran dan kuah. Sayuran yang dimakan bersama tahu ini adalah selada dan toge. Selain itu, menikmati tahu lamongan ini juga harus dicampur dengan lontong, bihun, perkedel, dan juga daging sapi.
sekian trimakasih

My Link : http://rizqi08.student.umm.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates